LlgE7jWGs9pfx18ljCTds00cnAM7wTgN53nmXvop

Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan 728x90

10 Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text.

Tel: +01 19 9876-54321

Email: contact@mail.com

Banner Produk

Tags

Menu Halaman Statis

Blogku

Tak terawat, Stadion Barombang Jadi Tempat Pacaran Hingga Di jadikan Tempat Sapi Mencari Makan


Stadion Barombang
Stadion Barombong di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) kondisinya kini kian memprihatinkan. Sesaat Setelah pembangunan dihentikan karena audit Badan Pemriksaan Keuangan (BPK) dan audit konstruksi oleh Pemprov Sulsel. 

Stadion yang belum rampung 100 persen itu kini jadi tempat sapi mencari makan hingga muda-mudi pacaran

Di kutip dari detik.com, Stadion yang terletak di pesisir Kota Makassar tepatnya di Kecamatan Tamalate, Makassar itu kondisinya kini sangat memprihatinkan.

Bahkan ketika wartawan detik.com berkunjung ke stadion tersebut, saat hendak memasuki jalanan masuk ke kompleks stadion, tampak jalanan beton dipenuhi kotoran sapi dan semak belukar di sisi kiri dan kanannya.

2 Jalur masuk yang dibeton itu hanya sampai portal memasuki kompleks stadion. Sementara itu jalur melingkar di sekitar stadion kondisinya belum beraspal dan masih berupa kerikil.

Stadion yang mulai dibangun pada 2011 silam ini terdiri dari 2 tingkat tribun yang melingkar. Karena pembangunan yang hingga kini belum rampung, belum ada tempat duduk untuk tribun penonton.

Namun kondisi bangunan tribun stadion sangat memprihatinkan, tampak semak belukar mengelilingi tribun bagian dalam hingga batas lapangan berumput. Beberapa sudut tribun kini ditinggali warga sekitar. Sementara itu pada siang hingga sore hari beberapa sudut ruangan tribun digunakan para muda mudi untuk bercumbu.

Berjalan ke area luar stadion, tampak gerombolan sapi mencari makan. Sama halnya di bagian dalam tribun, kondisi di luar tribun stadion juga dipenuhi sampah dan semak belukar.

Stadion Barombong kini memang tengah dihentikan pembangunannya oleh Pemprov Sulsel, selain karena Pemprov menunggu PT Gowa Makassar Tourism Development (GMTD) Tbk menyerahkan hak lahan tempat berdirinya Stadion Barombong, Pemprov Sulsel juga melakukan audit konstruksi atas bangunan stadion.

Pada Desember 2019 lalu, Inspektorat Sulsel bersama tim dari Universitas Hasanuddin (Unhas) telah menuntaskan audit konstruksi Stadion Barombong, dimana hasilnya ada struktur tribun stadion yang lemah.

"Berdasarkan hasil audit yang dilakukan oleh Tim Audit Konstruksi dari Fakultas Teknik UNHAS disimpulkan bahwa: Secara umum bangunan Stadion Barombong aman untuk digunakan namun perlu dilakukan perbaikan dan perkuatan di beberapa titik," ujar Kepala Inspektorat Sulsel Salim AR dalam keterangan tertulisnya, Senin 23 Desember lalu.

Salim mengungkapkan, perbaikan di beberapa titik dilakukan untuk meningkatkan masa waktu pemakaian struktur stadion.

"Perkuatan dilakukan pada bagian yang lemah pada tribun timur dan barat. Peningkatan kekuatan pada kolom lantai 1 tribune utara dan selatan dengan memperbesar dimensi kolom. Perkuatan dengan menggunakan GFRP (Glass Fiber Reinforced Polymer)," kata Salim saat itu.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar